Berita Politik Terkini Dari Berbagai Negara

Kabar terbaru berita politik terkini datang dari negara China yang berencana membuat bulan buatan. Proyek prestisius tersebut dikemukakan pada acara inovasi dan kewirausahaan massal nasional yang dilaksanakan di Cengdu. Cengdu sendiri adalah sebuah kota yang memiliki penduduk berjumlah 14 juta orang, yang terletak di Sichuan-Barat Daya China.

Wu Chunfeng, yang menjabat sebagai kepala kontraktor ruang angkasa di China yang bernama Chengdu Aerospace Science and Technological Microsoft Rilis System Research Institut Co (Cash). Ia mengungkapkan bahwa rencana peluncuran satelit yang akan berfungsi sebagai penerangan disebut sebagai bulan buatan. Dalam berita politik terkini di matamatapolitik.com, satelit tersebut diklaim delapan kali lebih terang jika dibandingkan dengan satelit alami Bumi.

Berita Politik Terkini
Berita Politik Terkini

Bahkan, proyek bulan buatan tersebut dipastikan akan mampu menerangi area dengan diameter antara 10-80 kilometer. Satelit ini direncanakan untuk menggantikan cahaya bulan dan telah dikerjakan selama beberapa tahun terakhir. Dengan kemajuan teknologi yang dimiliki oleh China, bulan buatan ini akan diluncurkan pada tahun 2020.

Media setempat mengabarkan bahwa bulan buatan ini memiliki lapisan luar yang berbentuk seperti sayap yang terbuat dari panel surya, yang berguna untuk memantulkan cahaya dari sinar matahari. Menariknya lagi, tingkat kecerahan dan waktu untuk melakukan servis satelit ini dapat disesuaikan, dan akurasi pada sistem pencahayaan bisa dikontrol dalam jarak puluhan meter.
Proyek ambisius berupa bulan buatan ini bahkan akan dapat dilihat di seluruh wilayah negara China. Namun seperti kebanyakan pisau bermata dua, proyek ini pun mengalami pertentangan. Penolakan datang dari beberapa ilmuwan yang menyuarakan keprihatinannya akan dampak yang mungkin saja terjadi. Para ilmuwan beranggapan bahwa cahaya dari bulan buatan tersebut akan memberikan dampak buruk untuk proses pengamatan astronomi, dan bukan tidak mungkin memiliki efek samping terhadap jenis hewan tertentu.

Direktur Institut Optik Sekolah Luar Angkasa, Kang Weimin, mengatakan bahwa cahaya e satelit bulan buatan ini hanya menghasilkan cahaya matahari ketika senja. Selain itu tidak akan mempengaruhi aktivitas dari hewan-hewan.
Dikabarkan bahwa pembuatan artificial moon di China ini bertujuan untuk mengurangi pemakaian listrik yang digunakan sebagai penerangan kota. Tujuan lainnya juga untuk menarik minat turis asing, agar jumlah kunjungan ke Chengdu semakin bertambah.

Demikian berita politik terkini di matamatapolitik.com mengenai proyek fantastis ini. Hanya matamatapolitik.com yang menghadirkan kabar berita dari dalam dan luar negeri secara berimbang dan ter-update.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s