Ovutest Alat Modern Pengganti Kalender Kesuburan

kalender kesuburan
                                                                                kalender kesuburan

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merencanakan kehamilan bagi pasangan yang sudah menikah adalah dengan mengetahui masa subur secara akurat. Pengetahuan tentang masa subur bagi wanita akan meningkatkan peluang kehamilan lebih tinggi karena kondisi tubuh sudah siap dibuahi. Namun apakah penggunaan kalender kesuburan merupakan satu-satunya cara mengetahui masa subur?

Rupanya saat ini telah dirancang alat berteknologi tinggi yang dinilai lebih akurat untuk mendeteksi masa subur. Alat tersebut yakni ovutest digital dan ovutest femometer. Namun sebelum kita beranjak pada pengenalan alat kekinian tersebut, mari sejenak menelaah sejauh mana keefektifan kalender kesuburan dalam mendeteksi masa subur wanita.

Seperti diketahui, masa subur merupakan masa di mana organ seksual wanita dalam kondisi siap dibuahi oleh sel sperma. Ini bisa juga disebut masa ovulasi, di mana kondisi sel telur sudah matang dan jika tidak dibuahi, maka ia akan luruh sebagai darah menstruasi. Adapun durasi masa ovulasi diperkirakan selama 12 hingga 14 hari sebelum menstruasi.

kalender kesuburan
kalender kesuburan

Dalam penghitungan kalender kesuburan, masa subur terjadi pada hari ke-10 hingga hari ke 17 setelah masa menstruasi. Adapun hari ovulasi biasanya terjadi sehari sebelum hari terakhir masa subur. Nah, di masa subur inilah, peluang kehamilan akan tinggi jika terjadi hubungan suami istri. Dengan kata lain, agenda perencanaan kehamilan bisa berlangsung lancar jika kita bisa tepat mengetahui masa subur.

Faktanya, penghitungan masa subur melalui kalender kesuburan sering kali meleset bahkan tidak akurat. Ini disebabkan kondisi tubuh wanita yang bersifat dinamis, bisa berubah-ubah karena banyak faktor. Begitu pula dengan siklus menstruasinya, bisa saja selama beberapa bulan stabil, tapi bulan selanjutnya kacau. Ini bisa membuat penghitungan dengan kalender kesuburan menjadi tidak akurat.

Maka seiring berkembangnya teknologi, dunia kesehatan telah merancang alat khusus pendeteksi masa subur sebagai pengganti kalender kesuburan. Alat tersebut bernama ovutest femometer dan ovutest digital. Dua alat ini dinilai akurat dan untuk mendeteksi masa subur, serta cara penggunaannya pun super praktis.

Untuk informasi selengkapnya terkait ovutest femometer dan digital dalam mendeteksi masa kesuburan, silakan baca artikel tentang alat pengganti kalender kesuburan secara lengkap. Demikianlah perkenalan tentang alat kekinian pendeteksi masa subur bernama ovutest. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s